Cara Mengecat Ulang Dinding Rumah Yang Benar – Cat mempunyai peranan yang sangat penting bagi keindahan suatu bangunan atau rumah. Selain mempercantik penampilan sebuah rumah, cat juga befungsi untuk melindungi dinding rumah dari efek cuaca yang sanggup merusak dinding, mencegah tumbuhnya lumut dan jamur. Namun seiring perjalanan waktu, warna cat dinding sanggup menjadi pudar atau bahkan mengalami kerusakan. Warna cat dinding yang memudar atau mengalami kerusakan, tentunya akan mensugesti keindahan rumah Anda. Cara untuk mengatasi semua itu yaitu dengan melaksanakan pengecatan ulang.
Mengecat ulang dinding rumah tidak sanggup dilakukan sembarangan. Untuk mendapat hasil yang sempurna, maka kondisi cat pada dinding harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengecat ulang dinding rumah :
Kondisi Cat Dinding Normal
Kondisi cat dinding normal yaitu cat pada dinding masih menempel kuat, namun hanya terlihat kusam lantaran banyaknya kotoran yang menempel serta warnanya yang memudar dimakan waktu.
1. Pastikan bahwa dinding rumah Anda dalam kondisi kering, alasannya bila kondisi dinding lembap maka hasil pengecatan menjadi tidak sempurna.
2. Bersihkan cat dinding dari kotoran dan abu yang melekat. Gunakan amplas halus untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat, sehabis itu bersihkan dengan kain lap kering.
3. Setelah memastikan dinding telah higienis dari abu dan kotoran, selanjutnya lakukan pengecatan awal sebagai dasar, dan biarkan sampai seluruh permukaan cat mengering.
4. Selanjutnya ulangi pengecatan beberapa kali sampai mendapat hasil yang maksimal.
5. Untuk hasil yang sempurna, jangan memakai cat yang terlalu kental atau terlalu encer.
Kondisi Cat Dinding Rusak
Kondisi cat dinding rusak yaitu cat pada dinding mengelupas, cat dinding bergelembung, ditumbuhi lumut, berkapur dan berjamur.
1. Bersihkan permukaan dinding dari lumut dan jamur. Kupas semua area cat yang mengelupas dan bergelembung. Gunakan sekrap atau kape untuk mengelupas cat dinding.
2. Gosok  seluruh permukaan dinding dan area cat yang telah terkelupas dengan memakai amplas halus secara merata. Setelah itu, bersihkan dengan memakai kain lap kering.
3. Pastikan bahwa dinding telah higienis dari abu dan kotoran, kemudian dempul seluruh area cat dinding yang dikupas secara merata dan biarkan sampai mengering (minimal 24 jam).
4. Setelah memastikan dempul telah mengering, gosok dengan amplas halus sampai permukaan menjadi rata dan halus. Setelah itu bersihkan seluruh permukaan dinding dengan kain lap kering.
5. Setelah seluruh permukaan bersih, lakukan pengecatan dasar. Biarkan untuk beberapa usang sampai cat mengering, sehabis itu ulangi beberapa kali pengecatan sampai akhirnya maksimal.
6. Untuk hasil yang sempurna, jangan memakai cat yang terlalu kental atau terlalu encer.
Itulah Cara Mengacat Ulang Dinding Rumah Yang Benar semoga dinding rumah Anda tetap terlihat indah. Warna cat yang telah memudar atau rusak akan kuat terhadap keindahan rumah dan akan menganggu kenyamanan ruangan rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Posted in Properti

More about: