Cara Merawat Kompor Gas – Pada masa kini ini, hampir sebagian besar rumah tangga telah memakai kompor gas sebagai sarana penunjang acara memasak. Namun seiring perjalanan waktu penggunaannya, kompor gas juga sanggup mengalami kerusakan. Hal itu sanggup terjadi bila perawatannya tidak dilakukan dengan baik ibarat jarang membersihkan kompor gas sehingga mengakibatkan body dan komponen yang ada sanggup menjadi berkarat. Jika hal itu terjadi maka kompor gas tersebut akan cepat mengalami kerusakan.
Untuk merawat kompor gas biar awet tidaklah terlalu sulit, namun kebanyakan orang malas melakukannya. Mereka hanya membersihkan kotoran yang terlihat saja tanpa pernah memperhatikan kondisi kompor gas secara keseluruhan ibarat kondisi tungku, burner, dan lain sebagainya. Agar kompor gas yang Anda miliki sanggup dipakai dalam waktu yang lama, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan :
Membersihkan Kompor Gas
– Lepaskan bagian-bagian komponen kompor gas ibarat selang dan regulator, dudukan alat memasak, tungku, corong api (burner), dan tombol-tombol yang ada.
– Bersihkan permukaan kompor dengan memakai kain lembap dan sabun atau memakai cairan pembersih. Gosok secara perlahan dan keringkan dengan kain yang bersih.
– Bersihkan tombol-tombol kompor gas yang ada. Gosok dengan memakai spond atau lap basah, setalah itu keringkan.
– Bersihkan tungku dari kotoran yang menempel dengan memakai kain yang lembab. Untuk kotoran yang menyumbat lubang tungku, gunakan jarum atau kawat kecil untuk mengeluarkan kotoran yang ada.
– Bersihkan corong api (burner) dari kotoran yang melekat. Rendam kedalam larutan asam sitrat yang telah dicampur dengan air panas atau memakai air jeruk nipis, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu gunakan sikat untuk membersihkannya, bilas dengan air higienis dan keringkan.
– Bersihkan selang dari kotoran yang melekat.
Setelah semua komponen kompor gas bersih, pasang kembali bagian-bagian yang sebelumnya dilepas dan pastikan telah terpasang dengan benar. Ingat, jangan hingga potongan elektrik pemicu percikan api terkena air, sebab sanggup menimbulkan kerusakan.
Hal-hal yang harus selalu diperhatikan dalam memakai kompor gas :
– Pastikan kondisi tabung gas dan selang gas dalam keadaan baik
– Letakan tabung gas pada kawasan yang datar dengan posisi berdiri
– Pastikan regulator yang terpasang sudah terkunci dengan baik biar tidak terjadi kebocoran
– Jauhkan tabung gas dari materi yang gampang terbakar
– Perhatikan sirkulasi udara pada dapur Anda. Jika dirasa kurang memadai, buka pintu dan jendela ketika Anda memasak.
– Jangan melaksanakan pemanasan terlalu usang dan jangan memakai api yang terlalu besar
– Jangan sekali-kali menyalakan kompor gas bila tidak ada sesuatu yang dimasak diatasnya, walau hanya sebentar.
– Jika Anda mencium amis gas, segera matikan kompor gas dan peralatan listrik yang ada, yang sanggup menimbulkan percikan api.
– Segera matikan kompor gas sehabis jawaban digunakan
Demikian Cara Merawat Kompor Gas yang sanggup Anda lakukan. Dengan perawatan yang baik, maka kompor gas sanggup terus berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Posted in Properti

More about: