Cara Merawat Kulkas – Lemari pendingin atau yang lebih dikenal dengan nama Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang keberadaannya sangat diperlukan. Saat ini, sebagian besar rumah tangga telah mempunyai kulkas dan dipakai sebagai daerah penyimpanan makanan dan minuman semoga kesejukan makanan dan minuman yang ada tetap terjaga dan membuatnya lebih tahan lama. Untuk menjaga kulkas atau lemari es semoga tidak gampang mengalami kerusakan, maka cara merawat lemari es harus diperhatikan dengan benar dan juga harus dilakukan secara rutin.
Bila Anda mempunyai kulkas dengan teknologi yang paling canggih, maka hal itu akan menjadi percuma jikalau pemeliharaan kulkas tidak Anda lakukan. Bagi Anda yang telah mempunyai kulkas dan ingin mempertahankan fungsi dan kegunaannya, maka perawatan terhadap kulkas menjadi faktor penting yang harus Anda lakukan. Berikut ini cara untuk merawat kulkas yang benar :
Membersihkan Kulkas
1. Siapkan cairan pembersih yang mengandung anti bakteri, atau jikalau tidak ada maka sanggup memakai sari cuka apel yang dicampur dengan air dengan perbandingan 1:3.
2. Siapkan 2 lembar kain lembut yang bersih, kain pertama dipakai untuk membersihkan dan kain kedua dipakai untuk mengeringkan.
3. Keluarkan semua makanan dan minuman dari dalam kulkas, termasuk rak dan laci yang ada.
4. Basahi kain pertama dengan cairan pembersih, kemudian gosok bab dalam kulkas secara menyeluruh dimulai dari bab atas sampai bab bawah. Untuk bab sudut, gunakan sikat kecil yang berbulu lembut dan telah dibasahi dengan cairan pembersih.
5. Setelah semua dirasa bersih, gunakan kain kedua untuk mengeringkan bab dalam kulkas.
6. Selanjutnya lakukan cara yang sama untuk membersihkan rak dan laci kulkas.
7. Untuk bab freezer pada kulkas satu pintu biasannya akan terbentuk bunga es. Sebelum membersihkannya, sebaiknya segera cairkan bunga es tersebut dengan cara mengatur termostat kesuhu terendah atau sanggup juga dengan cara mematikan arus listrik, Jangan memakai benda tajam untuk mencongkel atau menghancurkannya. Setelah bunga es mencair, gunakan kain higienis dan kering untuk membersihkan freezer.
8. Susun kembali dengan rapih semua rak dan laci yang sebelumnya dikeluarkan dari dalam kulkas. Pastikan semuanya telah berada dalam posisi yang tepat, masukan kembali makanan dan minuman Anda.
9. Jangan lupa untuk membersihkan bab luar kulkas, termasuk juga kondensor yang terletak dibagian bawah belakang kulkas, bersihkan dari abu dan kotoran yang menempel.
Hal-hal yang harus diperhatikan
– Berikan jarak sejauh 20 cm antara kulkas dan dinding.
– Jangan mengisi kulkas secara berlebihan.
– Jangan memakai temperatur yang terlalu dingin.
– Jangan memasukan makanan dan air minum yang masih panas.
– Pintu kulkas harus selalu tertutup rapat.
– Jauhkan kulkas dari benda-benda yang sanggup menawarkan efek panas ibarat kompor atau terkena sinar matahari secara langsung.
– Jangan membiarkan kulkas dalam keadaan kosong tanpa isi.
– Bersihkan kulkas Anda secara rutin.
Demikian Cara Merawat Kulkas Agar Tahan Lama yang sanggup Anda lakukan. Pastikan bahwa Anda telah melaksanakan perawatan secara baik semoga kulkas yang Anda miliki sanggup dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posted in Elektronik

More about: