Langkah-Langkah Mencegah Diabetes Sejak Dini

Diabetes adalah salah satu penyakit autoimun yang cukup kronis. Selain bersifat menurun ke anggota keluarga, penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian karena serangan jantung atau stroke pada dua dari tiga orang pengidapnya (Healthline). Beruntung, risiko seperti ini dapat dikontrol dengan pengobatan yang tepat serta perubahan gaya hidup yang benar. Jika Anda belum punya asuransi untuk jiwa yang dapat melindungi Anda dari risiko akibat kematian, segera terapkan langkah-langkah untuk mencegah diabetes seperti berikut, yuk.

Batasi konsumsi gula dan karbohidrat olahan.

  • Penyakit diabetes lekat dengan kata ‘gula’ maupun makanan manis. Untuk itu, membatasi diri buat mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan menjadi langkah pertama pencegahan diabetes. Sebab, keduanya dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang dapat berakhir pada kondisi diabetes

Olahraga dengan rutin.

  • Semua tahu jika olahraga punya efek samping yang baik untuk tubuh, termasuk untuk orang dengan kondisi prediabetes. Ya, jika Anda sudah terdeteksi memiliki bibit penyakit diabetes, olahraga dengan rutin dapat meningkatkan sensitivitas insulin—hormon yang mengeluarkan glukosa dari aliran darah—Anda, lho. Dilansir dari Healthline, olahraga seperti aerobik, latihan interval intensitas tinggi (HII), dan latihan kekuatan sudah terbukti dapat mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa yang obesitas dan pradiabetik.

Jadikan air sebagai minuman utama.

  • Minuman berwarna mulai dari soda, teh maupun kopi, sampai sajian yang diberi perasa tentu menawarkan cita rasa yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan air putih (mineral). Akan tetapi, minuman seperti merupakan salah satu risiko pemicu diabetes tipe 1 dan 2. Sebuah studi menunjukkan orang yang mengonsumsi lebih dari dua porsi minuman berperasa manis dalam sehari memiliki risiko terbentuk diabetes tipe 2 lebih tinggi 20%. Sementara orang yang rutin mengonsumsi air saja terbukti memiliki kontrol gula darah dan respons insulin yang lebih baik.

Berhenti merokok

  • Ternyata, kebiasaan merokok tidak hanya mengakibatkan penyakit kronis seperti penyakit hati, gangguan saluran pencernaan, serta kanker paru-paru, payudara, dan prostat. Akan tetapi, hobi membakar nikotin ini juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Menurut situs Healthline, seorang perokok aktif memiliki risiko terkena diabetes hingga 44% dan setinggi 61% untuk perokok yang menghabiskan lebih dari 20 batang dalam sehari. Seorang perokok pasif pun memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang cenderung tinggi.

Atur pola makan yang sangat rendah karbo.

  • Diet sangat rendah karbo seperti ketogenic telah terbukti dapat menurunkan level gula darah dan insulin dalam tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin, serta mengurangi sejumlah faktor risiko diabetes. Bila Anda sudah memiliki kondisi prediabetes, pola makan seperti nii dapat menurunkan kadar gula darah Anda hingga 12% dan 50% untuk kadar insulin.
  • Jadi, seusai Anda makan, kadar gula darah Anda tidak akan naik dengan drastis.

Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk mencegah diabetes. Segera terapkan tips-tips di atas dan temukan manfaat baik yang bisa Anda rasakan.

Semoga bermanfaat!