Pengertian Star Syndrome Dan Ciri-Cirinya Menurut SehatQ.com

Kemajuan teknologi hari ini berhasil mengubah kebiasaan hampir separuh penduduk dunia, terkhusus mereka yang lahir sebagai generasi Z. Ditambah kemudahan mengakses internet menambah catatan buruk di dunia maya. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah terkait star syndrome. Secara tidak sadar hal ini banyak menyerang kaum milenial.

Karena memang gejalanya tidak dapat dilihat dan tidak mudah diketahui. Menurut beberapa pendapat, star syndrome merupakan salah satu gangguan kejiwaan yang mana seseorang melupakan kehidupan masa lalunya dan mulai mendambakan kehidupan sekarang yang sudah mulai dikenal banyak orang dan populer.

Hal tersebut tentu disebabkan oleh kondisi jiwa yang belum siap sepenuhnya dengan perubahan yang cukup drastis pada dirinya. Bahkan star syndrome bisa disebabkan oleh media sosial masing-masing orang. Mengapa demikian, karena media sosial merupakan panggung duniamu sendiri yang bisa bebas kamu eksplor.

Dan aktivitas identik seseorang mengidap star syndrome di media sosial adalah ketika mereka mulai memperlihatkan seluruh aktivitasnya di media sosial, seolah-olah semua orang ingin melihat kehidupanmu dan berharap mereka akan memberikan pujian dengan segala apa yang kamu posting meskipun kamu bukan sebagai publik figur.

Ditambah jika pertumbuhan follower yang semakin banyak maka semakin cepat pula kamu akan mengidap star syndrome. Karena kamu akan benar-benar dibuat lupa dengan kehidupan masa lalumu dan mulai menjalani kehidupan baru dengan segala popularitas yang didapat secara cepat.

Namun SehatQ.com juga menjelaskan mengenai pengertian serta ciri-ciri star syndrome yang sekarang banyak menjangkit kaum milenial. Apa saja ciri-ciri dan pengertiannya, mari kita simak di bawah ini.

  1. Pengertian Star syndrome Menurut SehatQ.com

Menurut SehatQ.com star syndrome merupakan gambaran suatu kondisi dimana seseorang merasa dirinya sudah sangat terkenal meskipun secara fakta belum seperti itu. hal ini biasanya terjadi pada kaum milenial yang sudah sangat kental dengan dunia media sosial.

Karena media sosial merupakan tempat yang paling strategis dan efektif bagi kaum milenial untuk menunjukkan segala hal yang ada ataupun terjadi pada dirinya. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa media sosial bisa menjadi faktor penyebab pertama seseorang mengalami star syndrome.

Dan hal ini secara jangka panjang tentu bisa sedikit berbahaya, karena perubahan yang cukup cepat pada kondisi jiwanya maka jika tiba-tiba kondisi tersebut berubah menjadi seperti semula, maka yang terjadi kondisi jiwa seseorang tersebut bisa terganggu.

Oleh sebab itu penanganan langsung oleh para ahli sangat dianjurkan untuk mengurangi hal-hal yang tidak di inginkan ke depannya.

  1. Ciri-Ciri Star syndrome

SehatQ menyampaikan di beberapa forum tanya jawabnya terkait ciri-ciri star syndrome sebagai berikut

  • Harus menjadi orang yang paling hebat dari semua orang dalam segala hal baik penampilan, dari gaya hidup ataupun kemampuan yang dimiliki.
  • Orang yang terkena star syndrome akan memberikan jarak bagi orang-orang yang tidak se-level, karena mereka hanya ingin berteman dengan orang yang se-level.
  • Kemudian kerap kali orang yang mengalami star syndrome suka mengacuhkan serta menyepelekan orang lain.
  • Selalu melakukan banyak cara hanya untuk mendapatkan perhatian orang lain
  • Sangat takut jika mendapati hal yang kurang tepat pada dirinya
  • Orang yang terkena star syndrome biasanya tidak mau menerima kritik dan merasa menang sendiri.

Menurut dokter Vina yang menulis di SehatQ.com bahwa seseorang yang terkena star syndrome jika tidak ditangani dengan baik maka akan mengakibatkan depresi. Oleh sebab itu jangan menganggap enteng terkait masalah ini.