Tips Memilih Oli Mesin agar Kendaraan Tetap Prima

Kenyamanan sebuah kendaraan bergantung pada bagaimana cara pemilik  merawatnya. Jika Anda memelihara motor dengan baik, maka pengalaman berkendara Anda akan baik pula.

Sebaliknya, jika motor hanya asal digunakan tanpa dijaga dengan baik, lama-kelamaan kenyamanan berkendara Anda akan hilang juga. Makanya, rutin memelihara kendaraan itu penting sekali. Salah satu perawatan kendaraan yang berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara adalah penggunaan oli mesin terbaik untuk motor matic injeksi. Dengan begitu, kinerja mesin akan senantiasa terjaga dan awet.

 

Nah, membicarakan soal oli mesin tentu tak bisa dipisahkan dari spesifikasi atau kriteria pelumas terbaik untuk kendaraan Anda. Oleh sebab itu, berikut adalah tips memilih oli mesin supaya kendaraan tetap prima.

  1. Pilih oli sesuai dengan aktivitas berkendara Anda

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih oli kendaraan adalah aktivitas berkendara Anda sehari-hari. Jika Anda sering melewati jalanan sangat padat hingga membuat Anda harus sering berhenti, maka jenis oli dengan kandungan zat aditif sangatlah direkomendasikan. Pasalnya, keberadaan zat tersebut dapat mengurangi panas yang dihasilkan oleh mesin kendaraan.

  1. Perhatikan kekentalan oli

Hal kedua adalah viskositas atau tingkat kekentalan oli. Sebagai informasi, viskositas terbagi dalam beberapa derajat yang distandardisasikan dalam satuan temperatur (celcius) serta kualitasnya disimbolkan dengan kode-kode ciptaan API. Grade atau derajat kekentalan ini diatur oleh Society of Automotive Engineers (SAE), sementara simbol kualitas viskositas diatur olehAmerican Petroleum Institute (API). Nah, kekentalan oli yang cocok untuk motor matic adalah oli dengan simbol API SL (Liputan6.com). Sedangkan derajat SAE yang digunakan perlu disesuaikan dengan mesin kendaraan.

  1. Sesuaikan oli dengan mesin kendaraan

Selain dua poin di atas, faktor tak kalah penting lainnya adalah spesifikasi mesin kendaraan motor. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mengecek buku panduan kendaraan yang Anda dapatkan dari pembelian motor. Di sana biasanya ada informasi lengkap terkait suhu dan kelembapan udara mesin, yang mana bisa Anda jadikan patokan untuk memilih kekentalan oli. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membaca buku panduan kendaraan terlebih dahulu, ya.

Oli jelas memiliki peran yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Penggunaan oli yang tepat tentu akan memaksimalkankinerja mesin, hingga bisa memberikan kenyamanan di saat berkendara.

Maka dari itu, mulailah untuk memperhatikan jenis oli yang Anda gunakan pada motor matic Anda, dengan merujuk pada beberapa tips di atas. Dengan mengganti oli secara berkala, kendaraan Anda akan senantiasa berada dalam keadaan prima.